Selamat Datang di web Prodi Pengembangan Masyarakat Islam - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

Prodi Pengembangan Masyarakat Islam

Mahasiswa Prodi PMI Jadi Inisiator Pelatihan Kewirausahaan di Desa Welahan

Blog Single

Saat ini berwirausaha bukan hanya modal, produksi, distribusi, dan berjualan. Akan tetapi, mempunyai mentalitas dan pengetahuan merupakan hal yang penting dan paling dasar bagi para pelaku usaha.

Berangkat dari sini, Mirza Fahrudin, warga Desa Welahan sekaligus Mahasiswa Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam IAIN Kudus menginisiasi kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku UMKM Desa Welahan dengan tema "Entrepreneurship: Mentality and Knowledge". Acara ini merupakan serangkaian dari acara Bazar UMKM dan Gowes Desa Welahan yang merupakan agenda kegiatan dari Pemerintah Desa Welahan yang bekerja sama dengan BUMDes Usaha Bina Karya Desa Welahan.

Tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan mentalitas dan pengetahuan bagi para pelaku UMKM Desa Welahan. Atensi pelaku UMKM terhadap acara ini pun cukup baik. Tercatat 49 peserta mengikuti acara yang berlangsung di Pendopo Petinggi Desa Welahan, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara pada 23 Januari 2023.

Petinggi Desa Welahan, Achmad Jerjes, S.E. mengatakan, pada saat  ini masyarakat khususnya pelaku UMKM sangat butuh mentalitas dan pengetahuan yang dapat berdampak baik bagi dirinya maupun usahanya di masa yang akan datang.

"Mempunyai mentalitas dan pengetahuan dalam berwirausaha sangat penting dan menjadi dasar bagi setiap orang yang ingin membuka usaha. Dengan dua hal tersebut apabila diterapkan sejak memulai usaha, maka dirinya (pelaku UMKM) akan lebih siap dalam menjalankan usahanya," ujar Jerjes dalam sambutannya.

Materi yang diberikan oleh narasumber dari Dosen Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam IAIN Kudus yaitu Nuril Maghfirah, S.E., M.Sc., dalam agenda ini yaitu "Entrepreneurship: Mentality and Knowledge".

Salah seorang peserta pelatihan, Ika Zulaihah, mengaku cukup bersyukur bisa mengikuti pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan BUMDes Usaha Bina Karya Welahan. Harapannya, kegiatan ini terus dilaksanakan oleh siapa saja, karena dapat bermanfaat bagi para pemilik UMKM.

“Sangat senang dengan acara pelatihan ini. Kami jadi lebih tahu pentingnya mentalitas dan pengetahuan dalam berwirausaha. Semoga bisa berimbas pada pendapatan para pelaku usaha,” singkatnya.

Share this Post:

Galeri Photo