Selamat Datang di web Prodi Pengembangan Masyarakat Islam - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

Prodi Pengembangan Masyarakat Islam

Konsorsium Prodi PMI : Konversi Hasil Pengabdian ke Artikel Jurnal

Blog Single

Guna meningkatkan keaktifan hasil pengabdian ke dalam artikel jurnal, Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) IAIN KUDUS mengadakan konsorsium yang dihadiri oleh Narasumber Dr. Siti Malaiha Dewi, S.Sos, M.Si., CIQar dan moderator Nuril Maghfirah,M.Sc., serta diikuti oleh para dosen FDKI dan para mahasiswa dari prodi PMI. Konsorsium tersebut diselenggarakan pada Selasa, 21 Maret 2023  secara online melalui Zoom Meeting dan secara luring di Ruang Meeting FDKI.

Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menjadi bagian penting dari tridharma perguruan tinggi terutama bagi dosen dan juga mahasiswa, namun masih saja ditemukan ketimpangan antara hasil penelitian dan pengabdian. Ini terbukti dari beberapa kali dibuka kompentensi penelitian dan pengabdian, ternyata lebih banyak memilih penelitian.

Malaiha Dewi mengungkapkan bahwa sebenarnya banyak yang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, hanya saja pengabdian itu dilakukan tanpa menyadari bahwasana yang dilakukan adalah sebuah pengabdian sehingga pengabdian berceceran tetapi tidak dijadikan sebuah laporan. Hal ini disebabkan adanya kebingunan dalam melaksanakan pengabdian dan membuat hasil pengabdian menjadi sebuah artikel jurnal.

“Pengabdian kepada masyarakat tidak bisa dilakukan secara tiba-tiba melainkan dilakukannya riset terlebih dahulu sehingga mendapat pohon masalah yang nantinya akan di analisis dan dibuktikan ketika pengabdian,"imbuhnya. 

Selanjutnya, Nuril Maghfirah, M.Sc. menambahkan bahwa mengubah hasil pengabdian menjadi artikel jurnal harus memenuhi beberapa tahap, yaitu : pengajuan proposal, pendekatan kepada masyarakat yang akan dilakukan pengabdian, dan metode pengabdian. (maidah)

Share this Post: