Selamat Datang di web Prodi Pengembangan Masyarakat Islam - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

Prodi Pengembangan Masyarakat Islam

Siap Hadapi Dunia Kerja dan Masyarakat, Mahasiswa Prodi PMI Bagikan Pengalaman PPL

Blog Single

IAIN Kudus—Mahasiswa Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam laksanakan kegiatan diseminasi laporan Praktik Profesi Lapangan (PPL) di SBSN Fakultas Tarbiyah Lantai 2 pada Senin (07/08/2023). Diseminasi laporan PPL yang diikuti oleh mahasiswa prodi PMI Angkatan 2020 tersebut dilakukan dengan semangat konsorsium untuk menghadapi dunia kerja dan masyarakat.

Kegiatan yang menjadi hasil nyata dari Praktik Profesi Lapangan (PPL) telah dilaksanakan pada 26 Juni-26 Juli 2023 di berbagai lokasi, yaitu Desa Panggungharjo Yogyakarta, Desa Lau, Desa Piji, Desa Cranggang, hingga Desa Kandangmas. Mahasiswa juga turut terlibat di Dinas Sosial Kudus, BPBD Kudus, Dispermades Jepara, dan Yayasan Satu Nama Yogyakarta.

Dengan tema "Diseminasi Laporan PPL: Siap Menghadapi Dunia Kerja & Masyarakat", acara ini tidak sekadar berbagi laporan, tetapi saling berbagi pengalaman, pengetahuan, serta penilaian terhadap kegiatan PPL. Momen konsorsium ini menjadi wadah berharga bagi mahasiswa untuk mendapatkan umpan balik konstruktif dan memperluas wawasan mereka.

Sekretaris prodi PMI sekaligus sebagai narasumber, Hasan Bastomi, M.Pd, memberikan pandangan bagaimana kendala mahasiswa dalam memasuki dunia kerja dan tantanggan yang akan dihadapi jika kelak kembali ke masyarakat. Mahasiswa pun antusias mempresentasikan laporan dan pengalaman PPL di berbagai lokasi yang dimoderatori oleh Nuril Maghfirah, M.Sc.Dari Desa Panggungharjo Yogyakarta hingga ke lembaga-lembaga di Kudus dan Jepara, setiap presentasi memperlihatkan tekad mahasiswa dalam memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

Selain itu, momen konsorsium ini juga menjadi platform yang memfasilitasi saling berbagi pengetahuan antar kelompok PPL. Mahasiswa dari berbagai lokasi berdiskusi, bertukar pikiran, dan mengevaluasi pendekatan serta solusi yang diterapkan dalam berbagai konteks.Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk melakukan evaluasi mendalam terhadap kegiatan PPL yang telah dilaksanakan. Saling berbagi pengetahuan di antara kelompok PPL memberikan peluang mahasiswa untuk belajar dari pengalaman satu sama lain. Selain itu, penilaian terhadap kegiatan PPL menjadi langkah yang penting dalam memastikan bahwa program studi memberikan kontribusi yang nyata dalam mengembangkan keterampilan dan persiapan mahasiswa menghadapi dunia kerja dan masyarakat.

Konsorsium prodi ini mencerminkan semangat kolaborasi dan dedikasi mahasiswa serta dosen dalam menghadirkan perubahan positif di tengah-tengah masyarakat. Dengan pengalaman PPL yang mendalam dan acara diseminasi ini, mahasiswa Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam diharapkan semakin siap menghadapi tantangan dan memberikan dampak positif di dunia kerja dan masyarakat. (Rukhaini Fitri R)

 

Share this Post:

Galeri Photo